Cara reparasi tv tak ada gambar


Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada anda mengenai bagaimana mengatasi televisi yang rusak,dalam hal ini penyakitnya ialah gambar mati tapi suara muncul.Dua minggu yang lalu saya dapat
SMS dari teman dan setelah saya buka pesan yang timbul di LCD hp saya  berbunyi : “ Mas aku minta
Tolong dong,tv aku ngambek cuma nongol suara doang gambarnya gelap,aku tunggu ya!”. Itulah kira-
Kira petikan beritanya. Bagaikan petir disiang bolong ini adalah rezeki  yang tak diduga – duga,besoknya
Saya langsung ngacir ke TKP.Begitu sampai dirumahnya saya langsung disambut oleh teman saya,istrinya,anak – anaknya plus mertuanya.Tanpa banyak basa-basi saya langsung menghampiri tv teman saya yang ga beres itu.Saya perhatikan tv itu dari ujung rambut sampai ujung kaki,merknya
Samsung dan ukurannya 14”.Langsung aja saya ambil alat yang bentuknya bulat panjang ( obeng kembang ),lalu saya cabut sekrup –sekrupnya dan saya lepas penutup belakangnya.
Dalam keadaan terbuka saya coba nyalakan tv tersebut tentunya setelah dicolokkan ke stopkontak
Listrik.Begitu saya pencet tombol power,tv langsung nyala ada gambar juga ada suara tapi tak lama
Kemudian gambarnya hilang dengan ditandai adanya bunyi percikan api pada bagian yoke(nya).

Lantas saya lepas kabel yoke itu dan saya ukur dengan multitester,hasilnya adalah gulungan bagian
Horisantalnya jebol.Tanpa ina inu saya langsung copot yokenya dan laporan kepada sang owner  bahwa
Yokenya harus diganti baru atau gulung ulang,tapi temanku minta diganti baru aja dan hal ini atas saran
Saya karena kalau gulung ulang biasanya suka ga cocok alias bermasalah gitu.
Singkat cerita yoke barupun dibeli harganya sekitar Rp.45.000,dan langsung saya pasang sesuai prosedur
Yang berlaku,sesudah proses solder menyolder selesai saya pasang yokenya,setelah terpasang tv dinyalakan dan….sempurna,gambar dan suara semuanya muncul.TV dibiarkan nyala kira – kira 10 menit,
Setelah oke dan tak ada masalah penutupnya dipasang kembali seperti semula.Dan sudah menjadi rahasia umum sang pemilik tv memberikan salam tempel,Alhamdulilah ya Allah,ternyata rezeki kita sudah ada yang ngatur dan takkan pernah tertukar,demikianlah ulasan saya yang singkat,padat,dan
Terpercaya semoga bermanfa’at terima kasih.Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Jika kurang jelas dapat email ke: syarief.heri@yahoo.co.id