Waktu Kita

Cara perbaiki lampu TL




                                 







Assalamu'alaikum Wr.Wb

       Salam hangat untuk anda yang masih setia dengan blog " Aneka Teknik ". Kali ini saya akan -
menurunkan berita bagaimana cara memperbaiki lampu TL, baik itu 10W, 20W, ataupun 40W -







karena pada dasarnya mempunyai prinsip kerja yang sama. Seperti kita ketahui,sebuah lampu -
TL jika kita telanjangi maka akan kita dapati alat - alat yang terdiri dari ballast,starter dan lampu -
TL itu sendiri yang bertugas menyinari ruangan kamar anda.

Gambar.1 Lampu TL

Nah,jika anda mengalami kerusakan pda lampu TL anda,baik itu mati total maupun menyala tidak stabil atau kelap kelip maka anda harus ikuti prosedur perbaikannya.Kalau masalahnya mati total,langkah pertama yang anda lakukan ialah mengecek arus listriknya terlebihdahulu,jika listriknya ada (tentu dicek dengan tespen,bukan dengan jari telunjuk )lalu anda lakukan langkah kedua yakni mengamati bohlam TL-nya,biasanya bohlam yang mati ditandai dengan warna hitam pada bagian ujungnya. Step berikutnya mengecek bagian starter,jika starter telah diganti baru tetapi lampu tak mau bersinar jua maka jurus terakhir adalah mengecek pada bagian ballast.
Gambar.2 Starter TL

         Cara mengecek ballast bisa anda lakukan sendiri yang tentunya anda harus memiliki peralatannya.
Alat yang anda butuhkan ialah multitester,caranya adalah pertama anda putar switch multitester pada posisi x10, kemudian colok kabel merah diterminal ballast yang satu dan kabel hitam diterminal ballast yang satunya lagi.

Kalau diukur jarum bergerak kekanan maka pertanda ballast masih oke,tapi jika jarum tak bergerak maka ballast dinyatakan rusak. Demikianlah sharing saya mengenai teknik memperbaiki lampu TL, terima kasih.