Cara memperbaiki kulkas mati total

                     

Cara perbaiki kulkas yang mati total

Kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana cara memperbaiki kulkas yang mati total.
Ini merupakan pengalaman saya ketika menangani problem kelistrikan yang terjadi dipemukiman elit daerah jakarta selatan,masalah listriknya sangat fatal yakni terjadinya over voltage atau tegangan diatas normal yang menyebabkan kerusakan alat - alat listrik seperti AC,kulkas dan lampu - lampu yang terbakar.
Kenapa bisa terjadi over voltage?..........
Ketika saya cek panel listriknya ternyata ada yang aneh,saya katakan aneh karena padawaktu MCB saya turunkan atau matikan ternyata masih ada setrum yang mengalir.Untuk informasi,rumah tersebut dialiri listrik dengan sistem 3 phase dayanya 16.500W,agak pusing juga memang untuk mencari masalah ini.Kemudian saya coba lagi untuk mengukur tegangan pada stopkontaknya,dan wow..ternyata tegangannya menunjuk angka 250V.
Akhirnya saya memutuskan untuk mematikan panel listrik agar tidak terjadi kerusakan susulan.Lalu saya coba mengukur tegangan dari KWh yakni mengecek R,S,T,N,tahap awal saya posisikan R pada kondisi nyala dan S,T pada posisi mati,kemudian saya cek panel yaitu pada MCB induknya (MCB 3 phase) dengan menggunakan testpen dan ternyata pada S dan T juga nyala padahal posisi S dan T pada KWh diposisi mati.
Tahap selanjutnya ialah melepas kabel tufur dari KWh keMCB induk 3 phase pada panel,alhasil RST normal karena ketika diukur antar phasenya 380V,jadi kesimpulannya kerusakan terjadi pada MCB induk 3 phase yang sudah bocor,dan MCB induk 3 phase diganti maka tegangannyapun normal kembali.

Kembali ketopik pembahasan yakni bagaimana cara memperbaiki kulkas yang mati total?
Ketika kulkas mati total hal pertama yang patut dicurigai adalah apakah ada arus listrik yang mengalir?
Jika setrumnya ada ternyata kulkas belum juga mau menyala,dalam hal ini kita harus periksa kabelnya.
Apabila kabelnya tidak masalah langkah selanjutnya adalah mengecek bagian power supply atau catu dayanya

                        

Ketika membuka power supply-nya kita harus hati - hati karena didalamnya terdapat rangkaian elektronik yang sangat sensitif dan juga kabel - kabelnya jangan sampai putus.Setelah dilihat kondisi power supply-nya tidak ada tanda - tanda kerusakan atau terbakar pada komponennya.Lalu saya coba cek pada bagian fuse atau sekeringnya dan diukur dengan multitester disetting pada posisi X10 ternyata tidak ada respon alias putus,kemudian sekering diganti dengan yang baik dan kulkas dicoba untuk dinyalakan......dan ternyata panel depan pada kulkas menyala dan pintu kulkas dibuka terasa ada getaran yang menandakan kompresor sedang bekerja,demikianlah tips memperbaiki kulkas yang mati total semoga bermanfaat,terima kasih.