cara buat adaptor sederhana

                                     

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Semoga rahmat Allah senantiasa dilimpahkan kepada kita semua,terutama kepada pendahulu kita yakni para nabi dan rasul dan juga para ilmuwan yang tanpa kenal lelah memberikan kontribusinya untuk kehidupan manusia yang lebih baik.

Pada pertemuan kali ini saya akan sharing tentang bagaimana caranya memanfaatkan power supply komputer menjadi adaptor.Perlu anda ketahui bahwa power supply komputer adalah sebuah alat yang berfungsi mencatu power untuk mengaktifkan motherboard,VGA,hardisk,fan,dan lain - lain.
Power supply komputer ini pada prinsipnya sama dengan cara kerja adaptor,yakni menurunkankan tegangan dan mengubahnya menjadi arus rata atau arus DC,dan dari arus dc inilah kita bisa manfaatkan untuk misalnya mengecas handphone,menyalakan radio dan juga alat - alat elektronika lainnya.




 Nah lalu bagaimana caranya memanfaatkan power supply komputer ini menjadi seperti adaptor.
Baiklah akan saya jelaskan tegangan output/keluaran dari power supply ini,untuk tegangan 12V bisa anda dapatkan dari konektor dengan warna kabel hitam dan kuning atau ukur dengan voltmeter.Untuk tegangan 12 volt ini bisa anda manfaatkan misalnya untuk menyalakan radio dengan input DC 12V atau alat - alat lainnya dengan konsumsi tegangan 12V DC.
Lalu untuk tegangan 5 volt anda bisa dapatkan melalui konektor power supply dengan warna kabel hitam dengan merah.Tegangan 5 volt bisa digunakan untuk mengecas handphone atau alat - alat elektronik lainnya dengan konsumsi tegangan 5 volt DC.
Catatan : untuk warna hitam adalah negatif ( - ) dan kuning adalah positif ( + ) untuk 12 V.
               untuk warna hitam adalah negatif ( - ) dan merah adalah positif ( + ) untuk 5 V.

Kemudian bagaimana caranya menghidupkan power supply ini secara manual?oke akan saya beritahu caranya yakni dengan menghubungkan kabel warna hitam dengan kabel warna hijau maka power supply ini akan ON dan selanjutnya silahkan mencoba....

Jika kurang jelas dapat email ke : syarief.heri@yahoo.co.id