Cara mengatasi AC tidak mau dingin

 

Assalamu'alaikum wr.wb.

Kembali lagi diartikel saya ,kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki outdoor AC yang rusak. Kemarin saya menerima chat dari someone, dimana isi chatnya adalah meminta bantuan untuk mengatasi masalah AC dirumahnya karena tidak dingin. Sebagai teknisi yang manut saya langsung respon permintaan itu dan menjadwalkan permintaan itu untuk esok hari. Nah singkat cerita setelah saya tidur nyenyak semalam dan tentunya akan membuat badan kembali fit pada pagi harinya. Dan tentu dengan modal tubuh yang bugar maka saya akan siap tempur untuk mengerjakan order hari ini.

Singkat kata singkat cerita saya langsung tancap gas pakai sepeda motor buatan tahun 2006, kira2 jam sepuluh lewat atu saya tiba dirumahnya. Saya langsung disambut dengan ramah oleh pemilik rumah tersebut, Lalu pemilik rumah itu menawarkan minuman kepada saya, 'Mau minum apa mas?Mau kopi atau teh manis...? tanyanya lagi, lalu saya jawab " Saya minta air dukun aja pak...lalu si bapak yang punya rumah bingung dengan permintaan saya, lalu saya jelaskan kalo air dukun itu identik dengan air putih alias saya hanya minta air putih karena lebih menyehatkan.

Kembali ke laptop..jadi saya langsung bongkar itu yang namanya cover body outdoor AC, Nah setelah itu saya cek kapasitornya.

Kapasitor AC

Disitu kita bisa lihat ada dua kapasitor, yang bentuknya kotak hitam itu kapasitor untuk kipas AC dan yang satunya lagi kapasitor untuk kompressor. Kemudian saya tes satu - satu, pertama saya coba bagian kompressornya,,,setelah saya konek kelistrik ternyata kompressornya nyala,artinya bagian ini apik - apik ae...,jurus selamjutnya adalah ngejajal bagian kipasnya, setelah kabel saya hubungkan kelistrik kipas tidak mau berputar, lalu saya cari tau dimana masalahnya. Saya coba ganti kapasitornya dengan yang baru kipas tidak mau juga berputar.. .dari situ saya mulai curiga dengan kipasnya. Tanpa ina inu saya tes kabel kipas dengan multitester dan ternyata mesin kipasnya........AMSYONG.

Mesin outdoor AC

Nah kalo mesin kipas sudah rusak harus diganti baru, modelnya harus sama dengan mesin kipas aslinya agar pemasangannya mudah. Nah itu dulu wangsit dari saya mengenai cara mengatasi AC tidak mau dingin ,sekian dan saya mau lanjutin tidur lagi..........SARANGEO